Berita

Home » Berita » Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti-UBN Gelar Kolaborasi Pentas Seni Budaya

448814802_1038445227623045_6435127764178695749_n

Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti-UBN Gelar Kolaborasi Pentas Seni Budaya

SEJARAHnews, Banda: Dua Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon dan Universitas Banda Naira (UBN), mengelar Pentas Seni Budaya kolaboratif dan Kuliner Khas Daerah Maluku, yang berlagsung di geduang Societeit Harmonie, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (30/06/2024), Malam.

Kegiatan yang mengusung tema, “Memperkenalkan Budaya Tarian Tradisional, Busana Tradisional dan Kuliner Khas Daerah  Maluku,” itu di buka secara resmi oleh Dekan FKIP UBN Kasman Renyaan, S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutanya, Renyaan mengatakan kolaboratif seni budaya ini adalah bagian dari bentuk implementasi perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani oleh kedua prodi sejarah pada tahun 2023 lalu.

“Kolaborasi semacam ini ke depan lebih ditingkatkan lagi, termasuk juga dalam bidang penelitian dan publikasi lmiah untuk dosen di kedua prodi. Kegiatan ini relevan dengan matakuliah Etnografi Maluku, Sejarah Banda dan Pemandu Wisata Sejarah di prodi sejarah FKIP UBN. ” Ujar mantan Kaprodi Sejarah UBN itu.

Terpisah, Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti Dr. Semi Touwe, M.Pd mengatakan, kegiatan ini selain implementasi kerjasama juga merupakan bagian dari praktek matakuliah Keparawisataan Sejarah dan Multikulturalime di prodi sejarah Unpatti.

‘Prodi pendidikan sejarah FKIP UBN dapat berkujung kembali ke Unpatti. Kami akan siap menyambut dan berkolaborasi dalam studi tour dan wisata sejarah serta kegiatan seni budaya maupun kegiatan akademik lainnya.” Ujarnya, berharap.

Usai sambutan yang disampaikan kaparodi Pendidikan Sejarah Unpatti dan kegiatan resmi dibuka oleh dekan FKIP UBN, acara lalu dilanjutkan dengan menikmati hidangan kuliner khas Maluku, secara bersama yang disajikan oleh prodi sejarah Unpatti.

Sambil menikmati hidangan makan malam itu, peserta kegiatan kemudian disuguhkan dengan beragam tarian yang diperagakan oleh mahasiswa dari ke dua universitas itu. Di awali tarian Petik Pala dari mahasiswa Sejarah FKIP UBN, lalu dilanjutkan dengan peragaan busana adat Buton, Tanimbar dan Key, dari mahasiswa pendidikan sejarah Unpatti.

Pementasan puisi masing-masing mahasiswa dari kedua program studi sejarah itu juga turut mewarnai acara malam puncak pentas seni budaya itu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I Bidang Akademik UBN, Budiono Senen, S.Pi., M.Si, Kepala Ekonomi dan Bisnis Mifta Saban, S.Pd., M.Pd, Pimpinan Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UBN, mahasiswa dan Dosen dari kedua prodi masing-masing. ** (K.R).

Posted in

Artikel Terbaru

Archives

Kategori