Berita

Home » Berita » Dua Prodi Pendidikan Sejarah UBN dan Unpatti Ambon Kolaborasi Studi Wisata Sejarah di Banda Naira

448807074_8191778924221271_8590606908043847191_n

Dua Prodi Pendidikan Sejarah UBN dan Unpatti Ambon Kolaborasi Studi Wisata Sejarah di Banda Naira

SEJARAHNews, Banda: Dua program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Banda Naira (UBN) dan Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan studi tour dan wisata sejarah, yang dipusatkan di Kecamatan Banda dan di Kecamatan Kepulauan Banda, pada Sabtu (29/06/2024).

Kegiatan studi tour sekaligus wisata sejarah kolaboratif ini, dilaksanakan dalam rangka mewujudkan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken oleh masing-masing prodi itu, saat kunjungan mahasiswa dan dosen prodi sejarah FKIP UBN di Universitas Pattimura pada 2023 lalu.

“Pada Jumat kemarin, kami studi tour di Pulau Naira mulai dari Benteng Belgica, Benteng Nassau, Situs Parigi Rante, Rumah Pengasingan Bung Sjharir, Capten Cole, Rumah Bung Hatta, dan sejumlah situs-situs sejarah yang berserakan di Pulau Naira, Kecamatan Banda.” Ujar mahasiswa sejarah UBN Fadli Fatotnem.

Menurut mahasiswa pendidikan sejarah FKIP UBN semeter 6 itu, sesuai agenda yang telah ditetapkan Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unpatti, kegiatan pada Sabtu (29/06/2024) ini dipusatkan dibeberapa situs sejarah dan cagar budaya yang terdapat di Negeri Lonthoir dan Walang, Kepulauan Banda.” Ungkapnya, melaporkan.

Dalam studi kolaboratif ini mahasiswa pendidikan sejarah FKIP UBN, berperan sebagai pemandu wisata atau tour gude. Pasalnya, selain menjadi tuan rumah juga warga local yang menguasai akses ke setiap lokasi situs yang akan dikunjungi mahasiswa dan dosen dari kedua prodi sejarah tersebut. ** (KR).

Posted in

Artikel Terbaru

Archives

Kategori