Berita

Home » Berita » Pendidikan Sejarah UBN Jalin Kerjasama dengan Arkeologi Universitas Indonesia

455112343_530027286128737_4226555621421796768_n

Pendidikan Sejarah UBN Jalin Kerjasama dengan Arkeologi Universitas Indonesia

SEJARAHNews, Banda: Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Banda Naira (UBN) menjalin kerjasama dengan Program Studi (Prodi) Pascasarjana S2 Arkelogi Universitas Indonesia (UI).

Nota kerjasama kedua prodi ini secara simbolis diteken oleh Kaprodi Pendidikan Sejarah FKIP UBN Rahma Temarwut, S.Pd., M.Pd dan Kaprodi Arkeologi UI Dr. Ali Akbar, M.Hum, usai pelaksanaan Kuliah Tamu yang disampaikan Dr. Ali Akbar, M.Hum di aula Des Alwi, UBN, Kecamatan Banda Kebupaten Maluku Tengah, Kamis (15/08/2024), Sore.

“Naska ini nantinya akan dilihat kembali, mana yang dapat dikerjasamakan dan manata yang tidak. Tetapi, yang terpenting dari kerjasama ini adalah implementasinya.” Ujar Dr. Ali Akbar, M.Hum, tersenyum santai.

Kehadiran pakar Arkeologi UI yang didampingi Rektor UBN Dr. Muhammad Farid, M.Sos itu dalam rangka memberikan Kuliah Tamu atas temuan hasil survei dirinya bersama pihak UBN, bertalian dengan jejak-jejak peradaban Megalitikum di Banda Naira.

Survei awal dan temuan jejak peradaban manusia kuno yang tersebar di beberapa titik di Kepulauan Banda itu, mencerminkan Banda Naira tidak saja memiliki sejarah Kolonial, tetapi juga mempunyai pemukiman prasejarah yang sangat kaya.

“Potensi Megalitik itu dapat menjadi sumber pengetahuan manusia dan pengembangan adat budaya serta parawisata Banda ke depan. Kerjasma ini akan menjadi jalan untuk kolaborasi riset selanjutnya antara pihak UBN dan UI.” Ungkap periset situs Gunung Padang itu.** (K.R).

Posted in

Artikel Terbaru

Archives

Kategori