Acara

Home » Acara » Prodi PSJ Loncing Website dan Jurnal Sejarah

Foto dari KR(16)

Prodi PSJ Loncing Website dan Jurnal Sejarah

BANDA-PJS: Kehadiran website sebagai media informasi di era society 5.0, menjadi kebutuhan pokok bagi setiap lembaga atau institusi perguruan tinggi termasuk unit didalamnya, jika tidak dikatakan tertinggal oleh arus deras digitalisasi. Demikian pula kelahiran jurnal ilmiah, penting bagi peningkatan mutu program studi dan menjadi kewajiban mutlak bagi setiap dosen dalam meningkatkan potensi dirinya terhadap pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.  

Untuk menjawab tantangan itu, Program Studi Pendidikan Sejarah (PSJ), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Banda Naira (UBN) secara resmi meluncurkan Website (sejarah.fkip.ubn.ac.id) dan Banda Historia: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Studi Ilmu Budaya, berbasis Open Jurnal Sistem (OJS).

Peluncuran portal website dan jurnal sejarah ini dilaksanakan bersamaan dalam kegiatan “Loncing Website dan Jurnal ilmiah” yang dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa PJS serta perwakilan dari berbagai Organisasi Mahasiswa (Ormawa), dilingkungan kampus UBN. Acara ini berlangsung di Aula Des Alwi, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu, (19/032023).

Pembukaan kegiatan loncing ini diawali dengan menyanikan lagu Indonesia Raya dan penampilan tarian lokal dari perwakilan siswi dari SMP Negeri 87 Maluku Tengah, Desa Tanah Rata, binaan mahasiswa pendidikan sejarah FKIP UBN.

Dalam sambutannya Ketua Prodi PSJ Kasman Renyaan, S.Pd., M.Pd, mengatakan peluncuran website dan jurnal ilmiah ini, bukan sekedar serimonial semata atau hanya sekedar menonjolkan prodi PJS dilingkungan kampus UBN, tetapi dilahirkan untuk kepentingan meningkatkan mutu dan layanan informasi, dokumentasi serta publikasi jelak kesejarahan di setiap kegiatan prodi, serta publikasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa di protal Jurnal OJS Banda Historia.

 “Setiap kegiatan prodi maupun kegiatan mahasiswa akan dipublikasikan di protal media ini, termasuk jurnal ilmiah hadir untuk meningkatkan layanan publikasi hasil penelitian mahasiswa dan dosen sejarah.” Ujarnya.

Jurnal prodi ini kata Renyaan, membuka ruang seluas-luasnya untuk para akademisi yang ingin mempublikasi karya tulisnya di jurnal tersebut. Tentunya syarat dan ketentuan publikasi ilmiah berlaku. Kedapan akan terus ditingkatkan kualitasnya, hingga dapat terakreditasi Sinta.

“Saat ini jurnal Banda Historia sedang proses usulan untuk mendapatkan ISSN (International Standard Serial Number) di Brin. Begitu pula dengan website, mahasiswa akan diberikesempatan seluas-luasanya untuk menulis dan membuplikasikan tulisannya di kolom artikel mahasiswa. Maupun tulisan narasi yang berbentuk berita dan informasi seputar kegiatan prodi atau mahasiswa. Akan tetapi, sebelum dipublikasi tentu akan dilakukan divervikasi terlebih dahulu untuk menghindari hoax. ” Ujar Renyaan.”

Usai memberikan sambutan, Kaprodi kemudian melanjutkan dengan presentase pengenalan tampilan desain website dan jurnal Banda Historia yang dipandu oleh sekertaris prodi PJS Rahma Temarwut, S.Pd., M.Pd.

Terpisah, dalam sambutannya Rektor UBN Dr. Muhammad Farid, S.Sos., M.Sos memberikan apresiasi atas kehadiran website dan jurnal prodi PJS. Karena dianggap sebagai langkah maju yang ditunjukkan prodi PJS demi meningkatkan kualitasnya di lingkungan UBN.

“Tadi baru saja kita bahas rencana rapat kerja universitas. Loncing website dan jurnal ini merupakan pembuktian prodi Pjs, mengawali program kerjanya. Saya memberikan apresiasi kepada unsur pimpinan prodi sejarah. Saya berharap semoga ini bisa diikuti oleh program studi lain.” Ujar Farid.

Usai memberikan sambutan singkat, Rektor UBN Dr. Muhammad Farid, M.Sos langusung meresmikan Website dan Jurnal Banda Historia secara simbolis.

Kegiatan loncing ini dirangkai sekaligus dengan penyerahan buku berjudul “Ragam Sejarah Tentang Buton dan Maluku” karya ketua prodi PJS Kasman Renyaan, S.Pd., M.Pd, kepada perpustakaan UBN yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UBN Budiono Senen, S.Pi., M.Si. * (Adm).

Posted in ,

Artikel Terbaru

Archives

Kategori