Berita

Home » Berita » Universitas Banda Naira Jalin Kerjasama dengan Ruhr Universitat Bochum Jerman

Jerman muo

Universitas Banda Naira Jalin Kerjasama dengan Ruhr Universitat Bochum Jerman

Banda-PSJ : Universitas Banda Naira (UBN), menjalin kerjasama dengan Department of General Zoology and Neurobiology, Ruhr Universitat Bochum (RUB), Jerman. Hubungan kerjasama ini dituangkan dalam penandatanganan Memorandum Of Understanding (Mou) yang diteken antara perwakilan masing-masing kedua universitas itu di Aula Des Alwi, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (7/4/2023), Pagi, lalu.

Hadir dalam acara penandatangan MoU itu, yakni Prof. Dr. Stefan Herlitze, Dr. Peter Jagers dan Dr. Mareike Huhn, dari perwakilan RUB Jerman. Sedangkan pihak UBN dihadiri Rektor UBN Dr. Muhammad Farid, M.Sos via zoom dan yang hadir dalam tatap muka langsung Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Budiono Senen, S.Pi., M.Si, dan unsur pimpinan serta civitas akademika UBN.

Penandatangan kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari hubungan kerjasama yang pernah diteken oleh masing-masing pihak sejak tahun 2015 silam, saat UBN masih berstatus sekolah tinggi.

Bererapa butir kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman itu, antara lain Pertukaran civitas akademik, pertukaran mahasiswa sarjana dan pascasarjana, mengadakan riset bersama, mengadakan seminar, pertemuan akademik bersama, pertukaran materi-materi akademik dan informasi lainnya, mengadakan program akademik jangka pendek serta mengadakan kegiatan untuk pengembangan staf.

Dalam sambutanya, Prof. Dr. Stefan Herlitze, mengatakan kerjasama ini penting bukan hanya untuk UBN, tetapi bermanfaat untuk mahasiswa RUB yang datang riset dan belajar dengan alam Banda.

“Di Banda Naira mahasiswa RUB Jerman bisa belajar diving dan berenang secara langsung karena mempunyai laut yang indah, sebagai suatu kenikmatan yang patut disyukuri dan dimanfaatkan.” Ujarnya.

Rektor UBN Dr. Muhammad Farid, M.Sos, yang hadir dalam via zoom pada acara tersebut, menyambut baik atas kerja sama kedua kampus. Menurutnya, dengan adanya kerja sama ini nantinya dapat membawa kebaikan, tidak hanya Banda Naira dan Bochum, tetapi untuk dunia.”

Pada kesempatan yang sama, Wakil I Rektor Budiono Senen, mengungkapkan mahasiswa Bochum yang datang ke UBN akan mengikuti kelas Bahasa Indonesia, yang disediakan pihak UBN.

Peryataan Warek I itu lalu disambut baik oleh pihak RUB Jerman, pasalnya mahasiswa tidak hanya belajar riset tetapi bisa belajar bahasa Indonesia. Demikian sebaliknya, mahasiswa UBN bisa belajar bahasa asing.

“Kami sangat senang, karena mahasiswa kami tidak hanya melakukan riset tapi mereka juga belajar bahasa Indonesia. Demikian juga mahasiswa dan teman-teman di sini akan belajar bahasa Inggris, sedangkan mahasiswa kami belajar bahasa Indonesia.” Ujar Dr. Merike, salah satu dosen RUB Jerman.

Untuk diketahui, sebanyak 13 mahasiswa dari RUB, Jerman, pada Februari lalu mengikuti kuliah kolaboratif dengan mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Banda Naira. Para mahasiswa Jerman itu, mempelajari Ikan Mandarin dan Pemijahan Karang (Coral) yang hidup di wilayah Banda. *(K.R).

Posted in

Artikel Terbaru

Archives

Kategori